Deteksi Dini Virus HIV, Lapas Kotanopan Bersama Puskesmas Kotanopan Lakukan Screening Terhadap Seluruh WBP






 

Dalam rangka memastikan bahwasanya seluruh WBP Lapas Kotanopan terbebas dari virus HIV, maka Lapas Kotanopan bersama Puskesmas Kotanopan melakukan screening HIV kepada 64 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas III Kotanopan. Kamis, 23 Februari 2023.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi karena WBP merupakan kelompok rentan dalam kasus terserang virus HIV (Human Imunodeficiency virus). “screening virus HIV ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini dalam menjaga WBP kita dari serangan virus HIV, dengan kegiatan screening ini, kita dapat mengambil langkah kedepan apabila kita dapati hasil yang tidak kita inginkan sebagai langkah protektif dalam pengendalian virus HIV pada Lapas Kotanopan.” Ujar Kasubsi Pembinaan Lapas Kotanopan, Juan Carlos Hutabarat, S.H. pada kegiatan tersebut.

Selain skrining virus HIV, tim Puskesmas Kotanopan juga melakukan tes kejiwaan kepada 50 orang WBP dimana kelima puluh WBP tersebut adalah WBP yang memiliki data NIK. Di akhir kegiatan, tim medis Puskesmas Kotanopan mengumumkan bahwasanya hasil tes HIV yang dilakukan pada hari ini di Lapas Kotanopan ternyata memberikan kabar baik, dimana 64 WBP yang di tes, semuanya memiliki hasil Negatif HIV sehingga dapat dipastikan untuk saat ini, Lapas Kotanopan adalah Lapas yang bebas dari virus HIV.

Kalapas Kotanopan, Dekki Susanto mengucapkan terimakasih kepada jajaran medis Puskesmas Kotanopan atas kerjasamanya dalam membantu Lapas Kotanopan dalam pelayanan kesehatan bagi para Warga Binaan. Kalapas berharap bahwa kerjasama antar instansi ini dapat dilanjut terus mengingat pentingnya peran tenaga kesehatan di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan.

#kemenkumhampasti
#kemenkumhamri
#kumhamsumut
#imamsuyudi19
#ditjenpas
#lapaskotanopan
#puskesmaskotanopan
#hiv

Komentar

Postingan populer dari blog ini